Wednesday, July 16, 2008

Data dan statistika

Data merupakan hal yang paling penting dalam statistika, karena tujuan statistika adalah mendapatkan arti dari data itu. Dalam statistika, data bukan hanya sekedar angka, melainkan angka dengan arti tertentu. Ini menunjukan bahwa statistika bukan matematika, meskipun dasar statistika adalah matematika yang sama-sama melibatkan angka-angka.

Beberapa pengertian data berdasarkan literature yang pernah saya baca antara lain:
1. Data adalah hasil pengukuran atau pengamatan yang dikumpulkan , berupa angka-angka atau besaran-besaran yang menggambarkan perbedaan atau persamaan dari suatu obyek (Yitnosumarto,1992).

2. Data adalah bentuk jamak dari datum yang artinya penyajian (Solimun, 2002)

3. Data adalah baham mentah bagi statistikawan untuk menafsirkan realitas (Gonick and Smith, 2002)

4. ...

Ciri khas dari data secara umum adalah beragam, dari kebergaman itu maka kesimpulan yang diperoleh bisa tidak menentu. Statistika berhadapan dengan keberagaman (variabilitas) dan ketidakmenentuan tersebut secara langsung, namun dengan statistika, kita dapat mengatakan seberapa besar ketidakpastian dari kesimpulan yang kita peroleh. Ketidakpastian yang diakibatkan beragamnya data dapat kita ukur secara kuantitatif, sehingga data yang tidak beguna dan tidak menentupun dapat menjadi berguna meskipun dengan tingkat kepastian yang tidak terlalu besar. Selain itu kita dapat mempelajari maksud dari data, sehingga kita dapat bersikap terhadap data yang berhubungan dan menggambarkan keseharian.

No comments: