Sunday, July 20, 2008

Validitas dan Reliabilitas

Ada beberapa hal yang berhubungan dengan validitas dan reliabilitas, yaitu data dan instrument pengukuran. Data yang valid adalah data yang terdapat kesamaan antara data yang dikumpulkan dengan obyek yang diteliti, sedangkan data yang reliable adalah data yang konsisten, data yang diperoleh saat ini dan waktu yang akan datang atau dalam waktu yang berbeda mendapatkan hasil tidak berbeda.

Instrumen pengukuran yang valid adalah instrument tersebut dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur, sedangkan instrument yang reliable adalah instrument yang bila digunakan beberapa kali untuk mengukur obyek yang sama akan menghasilkan data yang sama (Sugiyono, 2008). Menurut Cooper dan Emory, 1996, validitas adalah sejauh mana instrument tersebut dapat mengukur apa yang sebenarnya ingin diukur. Reliabel adalah instrument pengukuran yang menghasilkan hasil-hasil yang konsisten. Reliabilitas mendukung validitas dan merupakan syarat perlu tetapi tidak cukup bagi validitas, karena reliabel belum tentu valid

Validitas dan reliabilitas pada instrumen pengukuran ini sangat berpengaruh terhadap hasil yang diperoleh atau terhadap data yang dihasilkan. Semakin valid dan reliabel instrumen pengukurannya maka data yang diperoleh semakin baik, begitupula sebaliknya. Jadi instrumen yang valid dan reliabel merupakan syarat mutlak untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel. Namun tidak berarti dengan menggunakan instrumen pengukuran yang valid dan reliabel maka data yang diperoleh akan valid dan reliabel, karena hal ini masih dipengaruhi oleh obyek yang diteliti dan orang yang menggunakan instrumen penelitian.

Daftar Pustaka:
Cooper, Donald. R, Emory, C. William, Metode Penelitian Bisnis, Erlangga, Jakarta, 1996
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatifm Kualitatif dan R&D, Alfabeta, CV, Bandung, 2008

No comments: