Tuesday, July 15, 2008

Statistika atau statistik (Statistics or statistic) ?

Bedanya apa ?.... jelas tulisannya saja sudah beda... Kalau ejaan dalam bahasa Indonesia, yang satu menggunakan huruf ”a” dan yang lain tidak, sedangkan ejaan dalam bahasa Inggris yang satu menggunakan huruf ”s” dan yang lain tidak.

Ternyata perbedaan utama terletak pada pengertiannya.
Statistika (
statistics) adalah ”ilmu”nya (pengertiannya seperti pada blog sebelum ini), statistik (statistic) adalah ciri khas atau tolok ukur dari sampel atau contoh atau nilai penduga. Statistik yang digunakan untuk mendapatkan nilai dugaan bagi parameter populasi disebut penduga atau fungsi keputusan, misalnya standard deviasi, mean, median, modus, dan lain-lain.

Banyak orang yang kurang tepat dalam menggunakan kedua istilah tersebut, kadang maksudnya ”statistika” (ilmu) namun yang digunakan ”statistik” maupun sebaliknya. Memang bagi sebagian besar orang perbedaan istilah ini tidak menjadi masalah karena tiap-tiap orang mempunyai persepsi masing-masing dalam menggunakannya. Bagi saya, sebagai seorang statistician, tulisan ini tidak dimaksudkan untuk membesar-besarkan suatu masalah yang bagi sebagian orang tidak penting, namun hanya untuk membenarkan (secara istilah) maksud dari statistika dan statistik

No comments: